Menjadi Mahasiswa yang Sehat, Cerdas dan Berprestasi

10/01/2018



Tidak hanya memfokuskan pada bidang keilmuan saja, kami mahasiswa Studi Kejepangan juga perlu membentuk generasi yang sehat, cerdas, dan berprestasi. Oleh karena itu, terbentuklah Departemen Kebudayaan Dan Olahraga atau biasa disebut dengan KEBO dalam Himpunan Mahasiswa Studi Kejepangan atau HIMA Niseikai Universitas Airlangga. Dibentuknya Departemen Kebo ini adalah sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Studi Kejepangan. Kami ditugaskan untuk membina, menumbuhkembangkan sikap kedisiplinan, kerjasama, dan pantang menyerah warga Niseikai. Bagaimana cara kami merealisasikannya adalah dengan mengadakan kegiatan rutin setiap minggunya, diantaranya:

1.  Yosakoi


Petamakali terbentuknya Klub tari yosakoi yang ada di Universitas Airlangga dimulai pada tanggal 20 Oktober 2008 yang diketuai oleh Aditia Rahman, Mahasiswa Studi Kejepangan Unair angkatan 2007. Klub ini ditujukkan untuk membina dan mengajarkan salah satu budaya yang ada di Jepang kepada mahasiswanya. Yosakoi dibilang menarik karena tidak hanya terdiri dari satu variasi gerakkan saja. Normalnya kegiatan rutin dalam klub ini dilakukan setiap minggunya, tetapi akan dilakukan secara intensif jika yosakoi mendapatkan undangan atau tawaran untuk tampil pada suatu acara atau perlombaan.






2. Futsal





 Klub Futsal adalah salah satu kegiatan bidang keolahragaan yang kami selenggarakkan berdasarkan dua tipe, yaitu futsal putri dan futsal putra. Kegiatan futsal ini dilakukan dengan tujuan memberikan semangat beraktivitas kembali. Tidak hanya menjadi mahasiswa yang cerdas, tetapi juga menjadi mahasiswa yang sehat. Selain itu, juga membangun relasi yang baik antara mahasiswa baru dengan senior maupun alumninya. Selain kegiatan rutin setiap minggunya, klub futsal juga  mengadakan sparring dan mengikuti lomba.

3. Badminton


   

            Badminton merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Selain menyehatkan, olahraga ini cukup menyenangkan karena sistem permainannya yang seru sekaligus mampu membakar cukup kalori dan melatih kelenturan persendian yang ada di tubuh.
Departemen Kebudayaan dan Olahraga Niseikai mengadakan latihan rutin badminton dengan partisipan warga niseikai sendiri. Dengan demikian, selain berolahraga, kita bisa mempererat hubungan internal antar warga Niseikai. Selain itu, dalam latihan rutin ini, kita tidak hanya berolahraga, tetapi juga mengedukasi tentang bagaimana sistem permainan badminton yang baik dan benar serta mempelajari beberapa teknik yang umum digunakan dalam permainan badminton.
Jadwal latihan rutin badminton Niseikai adalah seminggu sekali di hari Kamis pukul 18.00 sampai 20.00 WIB, bertempat di gedung serbaguna Gubeng Kertajaya 5E.
Ada beberapa hal yang ingin dicapai dari latihan rutin badminton ini, di antaranya, meningkatkan kemampuan bermain badminton, mengikuti kejuaraan, baik di tingkat fakultas maupun universitas, dan memenangkan minimal satu kejuaraan badminton.
Kami harap dengan adanya latihan rutin badminton ini, warga Niseikai menjadi lebih termotivasi untuk berolahraga, karena dengan .berolahraga rutin dapat menurunkan kadar stres seseorang setelah penat menjalani kuliah seharian.


4. Basket

Klub Basket dilakukan semata-mata bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi dilakukan dengan tujuan untuk  membentuk diri yang sehat, melatih ketahanan tubuh, dam Meningkatkan Keterampilan Motorik Mahasiswa Studi Kejepangan Universitas Airlangga. Latihan rutin yang dilakukan bisa dikatakan sebagai latihan kardiovaskular karena efektif melatih otot-otot.

5. Eigakai



  




Eigakai merupakan sebuah klub yang memperkenalkan kebudayaan Jepang melalui film-film Jepang. Klub ini dibentuk bukan hanya untuk menambah wawasan tentang kebudayaan Jepang, tetapi juga sebagai wadah para mahasiswa untuk menyalurkan pemikirannya melalui forum diskusi yang diadakan seusai menonton film. Melalui forum tersebut, mahasiswa dilatih untuk memberanikan diri untuk mengeluarkan pendapatnya.  Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai acuan pembuatan makalah, skripsi ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan penelitian.

6. Animanga

Animanga merupakan sebuah club yang difokuskan untuk mengasah skil membenarkan basic menggambar, menemukan art style pada diri masing-masing anggota sekaligus mengembangkan daya kreativitas mahasiswa studi kejepangan Universitas Airlangga sekaligus mengenalkan daya tarik Jepang mengenai kejepangan. Dalam satu minggu biasanya klub animanga diadakan selama dua kali, dan akan dilatih lebih intensif ketika berencana mengikuti lomba.





You Might Also Like

0 komentar