Berbagi Senja di Bulan Penuh Keberkahan

10/14/2018



Megumi, acara tahunan Niseikai yang diadakan pada Selasa (28/5) pukul 15.00 WIB oleh Sastra Jepang Universitas Airlangga. Megumi memiliki arti “berkah” dalam bahasa Jepang, karena dalam bulan suci ini kebaikan merupakan berkah yang harus dibagikan agar tercipta harmoni. Tahun ini, Megumi diadakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Pakis, Pakis Gunung, Surabaya. Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan panti serta ketua Megumi 2018 Anggara Mahardika Hadi Putra. Tubuh mungil dengan baju muslim merah-biru masuk satu persatu ke Mushola dengan memasang wajah yang bertanya-tanya “Siapa Kakak-kakak berbaju putih ini?”, setelah anak-anak itu duduk rapi, kawan-kawan dari maja menyuguhkan teater boneka dengan tema “berbagi”.

Tampak raut wajah antusias berseri-seri dari wajah mereka. Canda tawa menjadi teman selama acara, teringat ketika sesi permainan. Ada permainan menghafal Al-Quran, ada pula permainan tebak surat, sampai suatu ketika pembawa acara bertanya “Siapa Malaikat penjaga surga?” dengan lantang seorang bocah berkata “Muhammad!” kami tertawa lepas mengingat bahwa sang Nabi bukanlah penjaga surga. Tak tertinggal, ketiga native Jepang juga diajak mengisi acara untuk menjawab rasa penasaran anak-anak tentang Jepang. 

Waktu menunjukkan pukul 16.45, selang menunggu maghrib yang akan tiba, kami bernyanyi bersama diiringi oleh Niseikai Story, “Laskar Pelangi” dan “Ambilkan Bulan, Bu” menjadi pilihan untuk kami bernyanyi. Sayang sekali kami belum merasa puas juga setelah menyanyikan dua lagu karena waktu yang semakin sempit, kini kami hanya perlu menunggu adzan maghrib berkumandang sementara di samping mushola, panitia sibuk kesana kemari untuk menyiapkan takjil berbuka. Setelah berbuka dan melaksanakan sholat maghrib berjamaah, acara ditutup dengan penyerahan hadiah secara simbolis kepada pengurus dan anak-anak panti serta foto bersama.   

You Might Also Like

0 komentar