Akademik dan Prestasi di Sisi Lain

9/07/2018



Layaknya sebuah bidang keilmuan, Departemen PPAP yang ada dalam bagian Himpunan Mahasiswa Studi Kejepangan Universitas Airlangga, atau yang biasa disebut HIMA Nisekai ini merupakan tempat mahasiswa Studi Kejepangan mendapat fasilitas edukasi dalam bidang akademik. Apabila dijabarkan, PPAP sendiri adalah Pengembangan Potensi Akademik dan Prestasi. Dari nama tersebut, tujuan yang ingin dicapai oleh departemen ini adalah meningkatkan kualitas akademik dan prestasi mahasiswa Studi Kejepangan sendiri dalam menguasai ilmu bahasa Jepang. Lalu bagaimana cara departemen PPAP untuk dapat mencapai tujuan tersebut?
Ada beberapa kegiatan yang diadakan oleh departemen PPAP demi menunjang tercapainya tujuan tersebut.


1.      Pengadaan Kelas  Tambahan Tiap Minggu
Departemen PPAP mengadakan kelas rutin setiap minggu untuk mahasiswa studi  kejepangan, khususnya bagi mahasiswa baru. Ada 3 kelas rutin yang selalu diadakan setiap minggunya yaitu, Benkyōkai atau kelas belajar bersama, Kaiwakai atau kelas percakapan, dan Kanji Club atau kelas pemahaman tulisan bahasa Jepang. Kelas Benkyōkai atau kelas belajar bersama merupakan kelas dimana mahasiswa dapat membahas ulang tata bahasa dalam bahasa Jepang yang sudah diajarkan oleh dosen tetapi masih belum dipahami oleh mahasiswa. Kelas Kaiwakai atau kelas percakapan merupakan kelas dipraktikkannya kemampuan bahasa Jepang mahasiswa. Kelas Kanji Club atau kelas pemahaman tulisan bahasa Jepang difokuskan pada pembelajaran cara menulis dan pemahaman makna dari tulisan Jepang. Dari 3 kelas yang diadakan, mahasiswa Studi Kejepangan dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang bisa diatasi. Untuk pengajar dalam kelas tersebut, PPAP dibantu oleh native speaker dari Jepang yang memang setiap tahun datang ke Departemen Studi Kejepangan Universitas Airlangga.


2.      Benkyōkai MABA


Benkyōkai MABA merupakan kegiatan yang diadakan khusus bagi mahasiswa baru departemen Studi Kejepangan Universitas Airlangga. Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan mata kuliah yang akan mereka terima saat kegiatan perkuliahan khususnya mata kuliah bahasa Jepang. Kegiatan ini dapat memberi gambaran kepada mahasiswa baru, sehingga mereka bisa mempersiapkan apa saja kebutuhan mereka saat kuliah nantinya. Bagi mahasiswa baru yang belum punya pengalaman belajar bahasa Jepang sebelumnya, kegiatan ini bisa memberi sensasi belajar bahasa Jepang sebelum perkuliahan dimulai sehingga tidak kaget saat memulai perkuliahan.

3.      Benkyōkai N3
Benkyōkai N3 adalah kegiatan dimana departemen PPAP memfasilitasi mahasiswa Studi Kejepangan yang akan mengikuti ujian N3 atau Noryōkushiken level 3. Pelatihan untuk mengajarkan materi terkait N3 lebih dipilih karena salah satu syarat untuk lulus dari departemen Studi Kejepangan Universitas Airlangga adalah dengan memiliki sertifikat lulus ujian N3.  Native Speaker dari Jepang yang memang setiap tahun datang ke Departemen Studi Kejepangan Universitas Airlangga, dipilih sebagai volunteer pengajar agar memudahkan mahasiswa mendapatkan penjelasan yang paling tepat.

4.      Kanji Taikai
Sistem penulisan modern di Jepang menggunakan tiga jenis huruf yaitu, hiragana, katakana, dan  kanji yang merupakan huruf adaptasi dari aksara Tiongkok. Pada abad ke-5 masehi, Jepang mengenal aksara Tiongkok untuk pertama kali secara resmi lewat barang-barang yang diimport dari Tiongkok melalui semenanjung Korea. Sejak saat itu, aksara Tiongkok digunakan untuk penulisan di Jepang. Taikai dalam Bahasa Indonesia berarti lomba, yang bertujuan untuk saling berkompetisi keterampilan. Menurut keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa Kanji Taikai merupakan kompetisi di bidang pemahaman Kanji. Kegiatan ini diadakan departemen PPAP Nisekai setiap tahun sebagai wadah untuk mengukur dan mengasah pengetahuan tentang kanji, melatih sifat sportivitas dalam bertanding, serta memberikan apresiasi bagi mahasiswa Studi Kejepangan yang telah bekerja keras dalam belajar. Dengan ini, diharapkan mahasiswa Studi Kejepangan makin giat dan bersemangat mempelajari kanji ke depannya. Dan tahun ini pun diadakan Kanji Taikai pada tanggal 7 September 2018 dengan penuh antusias dari anggota keilmua Nisekai ini.

You Might Also Like

0 komentar