Mari Bersama Hadapi Tantangan di Nakayoshi Naito 2016 : Bagian Awal

11/16/2016

Post ini adalah bagian dari series of posts yang menceritakan
seluk beluk Nakayoshi Naito 2016 dari awal sampai akhir.

Bagian awal : Persiapan sebelum NN dan Nakayoshi Asa

Seperti yang sudah diketahui, tiap tahunnya Niseikai punya agenda untuk mengadakan Nakayoshi Naito, yakni acara orientasi yang paling beda, paling menyenangkan dan jauh dari anggapan ospek yang selama ini melekat di pikiran kebanyakan orang. Dalam Nakayoshi Naito yang sebenarnya sudah dimulai sejak Kangeikai dan berujung di acara inti yang diadakan di Villa Pacet Claket Indah pada tanggal 30 September – 2 Oktober lalu ini tidak hanya mendatangkan “tantangan” untuk pesertanya para mahasiswa baru Sastra Jepang Unair saja, namun juga tak terkecuali untuk para panitia. Mau bagaimana pun, Nakayoshi Naito ini akan menjadi awal cerita dari perjuangan hidup kalian di Sastra Jepang, maka sudah sewajarnya untuk membuat acaranya dipenuhi dengan kenangan indah tentang keakraban kita, baik itu antar teman seangkatan, kouhai dan senpai, begitu juga dengan para alumni, namanya saja Nakayoshi Naito yang berarti malam keakraban.

Nakayoshi Naito 2016 tahun ini hadir mengusung tema どんなことにも一緒に挑戦しよう! Yang berarti di saat seperti apapun bersama-sama berani hadapi tantangan. Sesuai dengan tema acaranya, dengan NN kali ini diharapkan teman-teman bisa kompak berani untuk menghadapi tantangan dalam kondisi bagaimanapun, demi berusaha memunculkan jiwa kepemimpinan dan kepedulian pada diri teman-teman yang nantinya akan menjadi penerus berjalannya hima Nisekai, dengan begitu kaderisasi hima pun bisa ikut terlaksana di sini. Untuk rangkaian acara kali ini, sebelum memasuki acara inti Nakayoshi Naito teman-teman digiring terlebih dahulu mulai dari pengenalan NN ke teman-teman 2016 di Kangekai, pembagian kelompok dengan trainer sekaligus kesempatan membaur dengan kelompok lewat Eigakai, hingga kemudian sampai di acara pra-NN kita, yakni Nakayoshi Asa.
Suasana setealah Kangekai, para kouhai langsung antusias melaksanakan game sekaligus tantangan pertama
Bisa dirasakan sendiri, tahun ini Nakayoshi Naito hadir lebih komplit dengan rangkaian acaranya yang ada tiap minggunya bermaksud agar teman-teman kouhai 2016 tetap terjaga semangatnya sampai ke acara inti nanti. Untuk kronologinya rangkaian acara Nakayoshi Naito dimulai sejak penutupan Kangeikai yang saat itu tim acara secara langsung mulai masuk dan mengumumkan aturan main “game” yang telah disiapkan untuk teman-teman kouhai 2016 sekaligus menjadi “tantangan” yang mesti dilalui bersama dalam mengikuti Nakayoshi Naito. Lalu di minggu pertama setelah itu ada Eigakai, di mana sebelum mereka akan dibagi dalam beberapa kelompok, di sini teman-teman baik panitia maupun kouhai diajak nonton sekaligus diskusi bareng dulu seputar film berjudul “Hotaru no Haka” yang tujuannya agar para kouhai akhirnya nanti bisa membaur baik dengan teman ataupun trainer dalam satu kelompok. Selain menjadi kesempatan teman-teman untuk membaur juga, film tersebut merupakan bagian dari tugas kecil di mana tujuannya untuk memberi inspirasi bagi teman-teman untuk tidak takut dalam mengambil keputusan. Kemudian juga, kelompok yang terdiri dari beberapa teman-teman kouhai ditemani trainer yang telah dibagi tadi dibentuk untuk membahas persiapan Nakayoshi Asa minggu kedua nanti.

Suasana Nakayoshi Asa hari pertama
Nah kemudian seminggu sebelum acara inti, ada Nakayoshi Asa yang acaranya fokus untuk merealisasikan ide-ide kreatif teman-teman kouhai 2016 dalam hal menyusun acara yang sekiranya bisa menyatukan antar Senpai dan Kouhai. Acaranya berlangsung selama 2 hari berturut turut dari hari sabtu dan minggu 24 - 25 September yang diadakan di area parkiran Fakultas Ilmu Budaya.
Tak lupa sebelum memulai aktivitas NA kita selalu ada senam bersama
Pada hari pertama NA kita diajak berkenalan satu-persatu baik dari kouhai 2016 maupun juga dari pihak panitia NN lewat game perkenalan yang sudah disiapkan, walau gamenya kurang seru .untungnya teman-teman banyak yang sudah saling kenal jadi yang kena hukuman tak begitu banyak. Setelah selesai game perkenalan, di hari pertama Nakayoshi Asa juga membawakan semacam booth-booth display menarik yang menampilkan klub-klub yang ada di Nisekai mulai dari futsal, yosakoi, ryourikai bahkan sampai ke humas Niseikai juga turut hadir meramaikan acara dengan bagi-bagi sticker buat yang sudah follow halaman kita lho. Bagi semua teman-teman kouhai yang tertarik diperbolehkan mendaftar untuk ikutan di setiap kegiatan klub yang diadakan tiap minggu. Selesai itu, mendekati penutup di hari pertama akhirnya tiba giliran teman-teman kouhai 2016 untuk mempresentasikan rangkaian acara yang sudah mereka siapkan untuk NA di hari kedua.
Bisa jadi referensi pose buat game darumasan selanjutnya nih


Lanjut di hari kedua NA yang benar-benar acaranya sebagian besar diurus oleh teman-teman kouhai 2016, bahkan ide-ide rangkaian acaranya pun juga merupakan ciptaan teman-teman sendiri. Panitia di sini hanya menyiapkan game daruma-san ga koronda yang dimainkan di awal sebagai pemanasan sekaligus untuk mencairkan suasana antar kouhai dan senpai agar momen kebersamaan lebih terasa saat sampai acara yang sudah teman-teman kouhai siapkan. Game ini sukses merubah suasana menjadi penuh canda tawa dengan aksi kocak teman-teman. Untuk seterusnya acara diserahkan kepada para kouhai, dan acaranya pun tak kalah seru, ada lomba undoukai mulai dari gobak sodor, bou taoshi, sampai dodgeball. Kemudian dilanjutkan lomba akademik seperti ranking satu, cerdas cermat dan juga. Rangkaian lomba-lomba dari teman-teman kouhai berhasil membuat semua orang menjadi semakin bersemangat sejelang acara hari kedua ini. Untuk lebih tahu begaimana keseruannya bisa cek cuplikan video berikut!



*credit to Burhan


Hingga di penghujung acara tak ketinggalan ada pengumuman pembagian kelompok dan tugas persiapan untuk acara inti minggu depan, Nakayoshi Naito. Tugas ini deberikan untuk kebaikan dan kenyamanan kita bersama dan bukanlah hal yang memberatkan sama sekali, justru nantinya akan jadi hiburan awal kita di lokasi NN.
Walau bou taoshi sempat ricuh, untungnya acara berjalan sukses
ditutup dengan pembagian hadiah di penghujung NA hari kedua
Acara Nakayoshi Asa takkan bisa sukses tanpa antusiasme dan kerja keras teman-teman kouhai, terima semua kasih atas kerja kerasnya! Kalian luar biasa! Dengan begini akhirnya NA pun selesai untuk hari itu, mari kita langsung lanjut ke Nakayoshi Naito!
<=== TO BE CONTINUED

You Might Also Like

0 komentar