Kemenangan Sastra Jepang Unair dalam Kanji Cup ke-14 tahun 2016

3/09/2016



      Sudah lama ikut berpartisipasi dalam Lomba Kanji Cup yang rutin diadakan setiap tahun dan seringkali kurang beruntung untuk bisa mendapat juara, tak mematahkan semangat para mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga untuk berusaha lebih baik lagi dari sebelumnya. Lomba Kanji Cup yang menyediakan 2 kategori lomba tersebut selalu diisi dengan mahasiswa angkatan paling muda hingga yang sedang menyelesaikan skripsi. Kategori lomba yang selalu ramai, seru, dan membutuhkan keteguhan hati adalah kategori lomba level Shokyu atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan level dasar. Sedangkan kategori lomba dengan seleksi super ketat dan merupakan ajang adu kemampuan sesungguhnya dari masing-masing tim yang dapat secara jelas dilihat oleh ratusan penonton adalah kategori level Chukyu atau level menengah. 
     
      Pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016, dalam lomba kanji Cup kali ini, tim yang maju untuk kategori shokyu belum berhasil lolos ke babak final. Namun, semangat mereka dalam belajar kanji mungkin akan semakin hebat, dan membuat mereka gemas untuk ikut berpartisipasi lagi dalam lomba kanji Cup tahun depan. 
                                       
    
      Pada saat babak penyisihan level Chukyu sekitar pukul 10.00 WIB hingga selesai, dua tim dari Sastra Jepang Unair benar-benar  terlihat mengagumkan dan mereka telah bekerja keras. Salah satu dari dua tim tersebut tanpa diduga-duga lolos ke babak semifinal. Babak demi babak telah mereka lalui hingga akhirnya sampai pada pertandingan super tegang, yaitu babak final. Satu per satu soal dengan bobot skor yang berbeda, beberapa diantaranya berhasil mereka taklukkan dengan ekspresi wajah yang terlihat sangat menikmati alur lomba. Kemudian, di akhir babak penentuan tersebut, yang lebih membanggakan lagi adalah, tim Unair berhasil menang dengan skor tertinggi dan secara resmi ditetapkan sebagai pemenang Kanji CUP ke-14 tahun 2016. Tim yang luar biasa itu berisi dua laki-laki beda angkatan, Ghulam Bintang S. (2012), dan Fransisco Antonius (2015). Sungguh seperti dua laki-laki bersaudara yang kompak dan solid. Semoga kemenangan ini menjadi pengalaman sekaligus pelajaran yang berharga, sehingga keduanya bisa terus maju dan menjadi motivasi bagi teman-teman yang lain.

                                     
       Akhir kata, perlu kita ingat,bahwa,usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. Maju terus dan semangat. Ganbatte kudasai !


Berikut ini adalah informasi pemenang lomba Kanji Cup ke-14 tahun 2016 :

Level Chukyu (menengah) :
Juara 1 : UNAIR TIM A
Juara 2 : UB (Univ. Brawijaya) TIM A

Level Shokyu (dasar)
Juara 1 : Setianing (UB)
Juara 2 : Ulfa F. (UB)

You Might Also Like

0 komentar