Liputan Nakayoshi Naito 2014

9/16/2015

Himpunan mahasiswa sastra jepang unair atau niseikai pada bulan oktober mempunyai agenda untuk mengadakan acara orientasi. Orientasi ini ditargetkan untuk para mahasiswa baru sastra jepang unair. Acara ini diberi nama Nakayoshi Naito yang tahun ini diadakan di villa daerah Pacet, Jawa Timur. Tujuan dari acara ini adalah mengenalkan kehidupan mahasiswa sebagai mahasiswa sastra Jepang di unair dan melatih kreatifitas para peserta, yang merupakan mahasiswa baru, untuk menyelesaikan berbagai masalah yang biasanya dialami sebagai mahasiswa. Selain itu, mahasiswa baru juga belajar bagaimana bekerja dalam sebuah tim dan memecahkan masalah dalam sebuah tim.

Dalam salah satu rangkaian acara, panitia mengadakan share bersama dengan senpai berprestasi, alumni sastra jepang unair, dan juga sensei. Dalam acara ini diharapkan para peserta bisa mendapatkan ilmu, yang bisa digunakan mereka untuk menjalani empat tahun sebagai mahasiswa sastra jepang unair. Dalam kegiatan ini para peserta juga diberi informasi tentang peluang-peluang yang bisa didapatkan sebagai mahasiswa sastra jepang, seperti beasiswa untuk pergi ke Jepang dan bekerja dalam perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. “Tentu saja untuk mendapatkan hal itu kalian tidak boleh lelah untuk belajar dalam bahasa Jepang.” ucap Djayeng Channisa, alumnus Sastra Jepang Unair yang juga penerima beasiswa monbukagakusho (beasiswa pemerintah Jepang) kepada peserta Nakayoshi Naito.


Setelah serangkaian acara tiba saatnya puncak acara Nakayoshi Naito. Dalam acara ini peserta, dilatih untuk menyelesaikan permasalahan yang ada secara bersama-sama. Setelah puncak acara selesai, para panitia dan peserta duduk melingkar di ruang aula, mereka kemudian harus mengisi amplop yang sudah dibagikan untuk diisi dengan komentar dan kemudian amplop tersebut diserahkan kepada orang yang berada di samping hingga amplop tersebut sampai ke pemiliknya. Akan tetapi tidak sampai satu putaran, truk yang membawa panitia dan peserta pulang sudah datang. Dengan ini berakhirlah rangkaian acara Nakayoshi Naito tahun 2015, semoga apa yang telah dilakukan selama tiga hari, dapat membuat pertemanan antar mahasiswa sastra Jepang semakin erat.

You Might Also Like

0 komentar