Adu Kemampuan Kanji di Kanji Cup Ke-13

8/26/2015

Surabaya – Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya kembali bekerja sama dengan The Japan Foundation dan Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) untuk menyelenggarakan lomba bagi para pelajar yang sedang mempelajari bahasa Jepang. Lomba yang bertajuk Kanji Cup Ke-13 ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2015, bertempat di Aula M. Saleh Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo atau biasa disingkat Unitomo.
Pada dasarnya, Kanji Cup adalah lomba tahunan yang bertujuan untuk menguji kemampuan pelajar tentang kanji (aksara Jepang, red). Lomba ini terbagi atas dua segmen, yaitu tingkat shokyu (dasar) dan tingkat chukyu (menengah). Kanji Cup tingkat shokyu ditujukan untuk pelajar dengan kemampuan bahasa Jepang level N4, sementara tingkat chukyu ditujukan untuk pelajar dengan kemampuan bahasa Jepang level N3 ke atas. Dalam lombanya sendiri, tingkat shokyu terdiri atas babak penyisihan dan final, sementara tingkat chukyu terdiri atas babak penyisihan, semifinal, dan final. Sastra Jepang Universitas Airlangga mengirimkan total 15 orang untuk tingkat shokyu dan 1 tim untuk tingkat chukyu.
Yang menarik dari Kanji Cup Ke-13 adalah hadirnya peserta dari Universitas Padjajaran Bandung, STBA JIA Bekasi, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Udayana Bali. Bisa dibilang ini merupakan pencapaian yang cukup luar biasa, mengingat lomba ini diadakan oleh Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, dan lokasi acara tidak pernah jauh dari daerah Jawa Timur.
Pada pukul 9 tepat, Kanji Cup Ke-13 dimulai. Acara diawali dengan pemutaran video Moji Moji-kun yang menghibur dan serangkaian sambutan dari rektor Unitomo, perwakilan PERSADA, serta Noboru-san sebagai Konjen Jepang di Surabaya.
Persaingan sengit terjadi baik di tingkat shokyu maupun chukyu. Tim Universitas Airlangga untuk tingkat chukyu berhasil mengamankan posisi di babak semifinal setelah lolos babak penyisihan. Meskipun demikian, di babak semifinal mereka terpaksa mengakui keunggulan dari tim-tim universitas lain. Di sisi lain, seluruh peserta shokyu dari Universitas Airlangga telah tereliminasi di babak penyisihan.
Setelah melewati babak semifinal dan final, akhirnya tersisalah dua juara dari masing-masing tingkat shokyu dan chukyu. Untuk tingkat shokyu, juara 1 dan 2 direbut oleh kontingen Universitas Brawijaya. Sementara itu, untuk tingkat chukyu tim Universitas Dr. Soetomo berhasil meraih juara 1 dan tim Universitas Negeri Surabaya mendapatkan juara 2.
Ghulam (angkatan 2012) sebagai salah satu anggota tim Universitas Airlangga untuk tingkat chukyu mengaku tidak percaya timnya bisa melaju ke babak semifinal. "aku ga nyangka aja sih bisa nyampe semi-final, apalagi belajarnya tanpa bimbingan dari sensei, soalnya mungkin senseinya sibuk. jadi ga sempet, tapi untungnya temen-temen bnyak yang ngebantu latian" ujarnya. Ketika ditanya hal apa yang paling berkesan buatnya, Ghulam menjawab takjub karena ada delegasi universitas dari luar Jawa Timur yang ikut bertanding di Kanji Cup ke-13 ini. (ann)


 Gambar 1 Para peserta dari Sastra Jepang Universitas Airlangga


 Gambar 2 Suasana babak penyisihan tingkat chukyu

 Gambar 3 Suasana babak penyisihan tingkat shokyu

 Gambar 4 Juara 1 dan 2 tingkat shokyu


Gambar 5 Juara 1 dan 2 tingkat chukyu

You Might Also Like

0 komentar