JAPANESE WORLD 2013

3/04/2013

Japanese World adalah event tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga. Japanese World biasanya mengangkat tema-tema kejepangan yang unik dan berbeda setiap tahunnya dan di tahun yang ketiga ini Japanese World mengangkat tema "GEISHA" untuk dibawa dalam kemeriahan bunkasai kali ini. Yang bikin seru, Japanese World 2013 kali ini akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut.

Nah, memasuki area Japanese World, pegunjung bakal disambut oleh torii (gerbang khas Jepang) yang dibuat khusus oleh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga untuk menambah kekentalan nuansa Jepang yang ada.

Torii Japanese World 2013

Selain itu acara-acara yang disiapkan oleh panitia Japanese World 2013 juga tidak akan membuat bosan para pengunjung dan partisipan JW. Disini, hari pertama Japanese World 2013 diisi dengan lomba-lomba akademik antar pelajar SMA se-Jawa Timur. Ada lomba Benron Taikai (Pidato Bahasa Jepang) , lomba Cerdas Cermat Tim, lomba Roudoku (membaca nyaring teks bahasa Jepang), lomba Kakikikitori (mendengar dan menulis dalalam bahasa Jepang) dan lomba Kanji (uji kemampuan huruf kanji Jepang). Selain itu juga sudah terdapat beberapa stan Japanese World 2013 yang turut tmemeriahkan suasana panas persaingan lomba akademik yang ada.

Nah, hari kedua dan ketiga saatnya untuk lomba-lomba festival yang akan memeriahkan Japanese World 2013. Selain lomba-lomba festival, beranekaragam workshop dan Stan di area Japanese World 2013 juga semakin menambah atmosfer kejepangan di area luar dan dalam Fakultas Ilmu Budaya serta area parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Kampus B Unair yang notabene digunakan sebagai lokasi digelarnya Japanese World 2013.

Keramaian Japanese World 2013

Tak ketinggalan juga para GEISHA, ikon Japanese World 2013. juga bakal berkeliling area Japanese World 2013 untuk turut serta menambah kemeriahan dan suasana kejepangan dalam bunkasai ini loh!

Salah Satu Ikon JW 2013
Lomba Festival  Japanese World 2013 :
  • Lomba Makan Onigiri Pedas
  • Lomba Makan Korokke
  • Lomba Karaoke Lagu Jepang
  • Lomba COSPLAY
  • Lomba Menggambar Manga
  • Lomba Foto On The Spot
Workshop  Japanese World 2013 :
  • Workshop Chanoyu
  • Workshop Origami
  • Workshop Manga 
Stan  Japanese World 2013 :
  • Stan Foto Yukata
  • Stan Ramal Tarot
  • Obake Yashiki (Rumah Hantu)
  • JW Cafe
  • Stan Igo dan Shogi
  • Stan Shodo
  • Stan Omiyage JW (Merchandise Official of Japanese World 2013)
  • Stan Pancing Ikan
  • Stan - Stan Aksesoris  Non-JW
  • Stan - Stan Kuliner

JW Cafe
Obake Yashiki
Sabtu, 16 Februari 2013, Japanese World dibuka pemukulan gong oleh ketua jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga dan perwakilan dari Konsulat Jendral Jepang di Surabaya, kemudian acara dilanjutkan dengan persembahan tari Yosakoi oleh anak-anak perwakilan dari klub Nisekai Yosakoi Sastra Jepang Universitas Airlangga. Beberapa lomba festival juga diadakan pada hari kedua ini, seperti lomba makan onogiri dan penyisihan lomba karaoke. Para pengunjung juga diberikan suguhan penampilan dari band-band pengisi acara dan display Jujitsu.

Nisekai Yosakoi
Puncak acara Japanese World 2013 oterjadi pada hari terakhir, Minggu, 17 Februari 2013 dimana pada hari ini terdapat  final lomba karaoke, lomba COSPLAY dan lomba kroket. Selain itu ada penampilan keren dari DLS 18 yang melakukan Dance Cover dan Sakura Odori. Sudah? Tentu saja belum. Japanese World 2013 masih menyajikan suguhan-suguhan penampilan dari band-band pengisi acara JW dan ragam tarian Yosakoi dari UNITOMO dan Universitas Brawijaya. Sudah? Masih belum juga dong. Penampilan yang ditunggu-tunggu dari guest star Japanese World 2013, JULIA, sebuah band beraliran alternative pop/rock asal kota Jogjakarta, semakin memanaskan suasana Japanese World 2013.
Guest Star JW 2013, JULIA
Kali ini sudah selesai? BELUM. Masih ada Bon Odori dan Hanabi yang menjadi sajian penutup Japanese World 2013. Gemerlap keindahan kembang api yang mewarnai langit gelap di kota Surabaya malam itu memberikan kenangan indah dan kebahagiaan bagi semua yang hadir di Japanese World 2013.

Hanabi Japanese World 2013
Hanabi Japanese World 2013
Hanabi Japanese World 2013
Hanabi Japanese World 2013
Hanabi Japanese World 2013

Hanabi Japanese World 2013
Panitia Japanese World 2013 dan Himpunan Mahasiswa Sasta Jepang Universitas Airlangga benar-benar berterima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dan menyukseskan Japanese World 2013.
Tapi jangan lupa Japanese World bakal hadir lagi di tahun 2014 tentunya dengan tema yang berbeda.

Nah, kami tunggu kedatangan dan partipasi  kalian semua dalam JAPANESE WORLD 2014 !!!


Japanese World 2013 sponsored by :
Mirai Ocha
DEDE Catering
Purwacaraka  Music Studio
Zigma Magazine
Kompas Gramedia
Faber Castell
Rumah Cantik Langsing
PT SIER
Milo
Wardah Cosmetics
Mayasi
Anget Sari
Nasi Oishii
Hoka-Hoka Bento
Oitako
Bintang Galeri
Kripik Tempe Mafia
Jo d' Eagle
Coca Cola
Club
Plus Minus Digital
Majesty Trophy
Telkom Indonesia
Purezento
Japanese World 2013  media patner by :
Istara FM
Jeje FM
Event Surabaya
Lensa Indonesia
Kattun Indonesia
SBY 48
Gazerock Surabaya
Cielers Jatim
Philharmonesia
Yui lovers Surabaya

Japanese World 2013  supported by :
IMC
Nihongo no Heya
Robins Art
MGMP Bahasa Jepang se-Jawa Timur
Dinas Pendidikan Jawa Timur
Sastra jepang Universitas dr Soetomo


 
 

You Might Also Like

6 komentar