送別会

3/18/2013

Pada postingan kali ini admin blog Nisekai akan membahas tentang 送別会(そうべつかい) = Farewell Party yang diadakan beberapa waktu lalu oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga untuk melepas kepergian dua native speaker kembali ke negeri asal mereka, Jepang. Dua native speaker yang juga ikut mengajar di Sastra Jepang UNAIR ini adalah Satoshi Oniishi dan Sumitomo Kazuma. 
Kazuma Sumitomo

Satoshi Oniishi


Dua orang yang sudah sangat dekat dengan mahasiswa-mahasiswa Sastra Jepang ini akhirnya harus kembali ke Jepang setelah hampir satu tahun lamanya berada di Indonesia. Selain membantu mengajar di jurusan Sastra Jepang UNAIR, mereka juga aktif membantu dalam klub 勉強会べんきょうかい dan  会話会かいわかい yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga. Mereka juga turut serta dalam berbagai acara yang juga diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga seperti Nakayoshi Naito dan Japanese World2013. Keberadaan dua native ini juga sangat membantu mahasiswa – mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga dalam mempelajari kebudayaan Jepang. Selama di Indonesia, Surabaya tepatnya, mereka juga mempelajari kebudayaan di Indonesia dan sedikit bahasa Indonesia melalui interaksi-interaksi baik melalui percakapan, kegiatan homestay di rumah salah satu mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga maupun melalui kegiatan-kegiatan lainnya. 
Homestay

Kediri, Indonesia
Kanji Cup
Dengan sejalannya waktu pula, keakraban dengan dua native speaker ini semakin kental terasa. Kepribadiaan mereka yang menyenangkan, mudah beradaptasi dan gampang bergaul membuat mereka dengan sangat mudah dekat dengan mahasiswa-mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga maupun mahasiswa-mahasiswa lainnya di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, terutama dengan Satoshi Oniishi yang lebih akrab dipanggil Santoso.
Sehingga tak terasa, hampir satu tahun sudah mereka meninggalkan negeri mereka, dan waktunya pulang pun semakin dekat. Oleh karena itu pada hari Jumat, 1 Maret 2013, Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga mengadakan  送別会(そうべつかい) atau pesta perpisahan untuk mereka. Acara yang diadakan sore hari setelah jam perkuliahan usai ini berlangsung dengan dihadiri sebagian besar mahasiswa-mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga. Satu-persatu perwakilan, baik dari dosen maupun mahasiswa Sastra Jepang per-angkatan, memberikan kata-kata perpisahan untuk Santoso dan Kazuma. Santoso dan Kazuma juga memberikan kata-kata perpisahan, pesan dan kesan mereka kepada mahasiswa Sastra Jepang Universitas Airlangga. Santoso bahkan sempat meneteskan air mata ketika mengucapkan kata-kata perpisahannya. Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari setiap angkatan Sastra Jepang Universitas Airlangga kepada mereka berdua. Disela-sela acara ini, juga ada penampilan akustik dari band Sastra Jepang Universitas Airlangga, Nisekai Story. Santoso dan Kazuma pun turut andil menyanyikan sebuah lagu sebagai persembahan khusus dari mereka. Acara perpisahan petang itupun ditutup dengan pemutaran video yang dibuat oleh Santoso dan Kazuma.
サントソさん と カズマさん じゃ また。

You Might Also Like

0 komentar