Pengabdian Masyarakat Club Origami Sastra Jepang ke Lamongan dan Radio Suara Muslim Surabaya

5/01/2012



yang duduk dari kanan Sicha, Ramdini, Shely beserta dosen - dosen Satra Jepang Universitas Airlangga
Club origami sastra Jepang Universitas Airlangga tidak hanya dikenal di dalam lingkungan fakultas khususnya di jurusan sastra jepang saja. Melainkan club origami ini mulai mendapat perhatian lebih di mata masyarakat. Buktinya pada hari sabtu, 10 maret 2012 Di Aula Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan tepatnya di  Jl. Lamongrejo No. 109-111 dalam acara Pengabdian Masyarakat terse
but club origami mendapat kesempatan untuk mengisi acara. Dengan membawa perwakilan tiga mahasiswa dari sastra jepang yakni Sicha (2011), Ramdini (2011), Dan Shely (2011) serta dengan dibimbing para dosen, pelatihan origami dapat berjalan dengan baik. Terbukti ketika melihat respon dari para peserta yang merupakan guru TK ketika itu sangat antusias dalam mengikuti langkah demi langkah dalam mengikuti praktik origami. Sebelum pelatihan origami dimulai, Putri sensei yang merupakan salah satu dosen sastra jepang memberikan materi terlebih dahulu mengenai apa itu origami dan apa manfaat dalam origami. Karena sasaran yang dituju dalam acara pelatihan ini adalah guru-guru TK atau Play Group yang nantinya akan diajarkan pada muridnya. Maka bentuk origami yang dibuat tidak lain dimulai dari bentuk yang paling sederhana terlebih dahulu. Bentuk origami yang dibuat adalah wajah monyet, pinguin, panda, dan wajah kucing. Setelah tahap yang mudah selesai maka berlanjut hingga tahap yang lumayan susah yakni membuat saboten (bunga kaktus) dan ayame (mirip bunga tulip). Meskipun pelatihan ini merupakan pertama kalinya bagi club origami. Namun pelatihan yang berdurasi selama satu setengah jam tersebut berakhir dengan baik yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan membuat Bento oleh para dosen sastra jepang sendiri.
     Selain mengisi acara dalam rangka Pengabdian Masyarakat, club origami sastra jepang UNAIR juga mendapat kesempatan untuk  mengisi program acara radio secara on air yang bertema “Ragam Hobi dan Kreasi” yang diadakan  Radio Suara Muslim Surabaya pada hari minggu, 8 April 2012 di Jl. Dinoyo No 57. Dengan adanya kesempatan tersebut, club origami yang diwakili oleh nurul dan shely secara tidak langsung memeperkenalkan club origami sastra jepang pada masyarakat luar. Sehingga nantinya club origami ini dapat dikenal mayarakat luas dan tidak hanya berorientasi di dalma lingkungan kampus khususnya sastra jepang saja.

You Might Also Like

0 komentar