Sastra Jepang UNAIR - Salah Satu Pelopor IMAJI

12/18/2010

Jum'at, 12 November 2010 melalui Kongres Nasional, akhirnya IMAJI ( Ikatan Mahasiswa Bahasa & Sastra Jepang Indonesia ) dibentuk. Kongres pembentukan IMAJI ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 12 November 2010 sampai 14 November 2010 di Balai PKTK Keciptaankarya Surabaya.

Ada 7 Universitas dari seluruh Indonesia yang menjadi pelopor berdirinya IMAJI, yaitu : Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Jakarta (UNJ).


Dalam Kongres tersebut, tiap-tiap universitas masing-masing mengirimkan delegasi nya, yaitu sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia:
- Amita Fitriati M.
- Winda

2. Universitas Negeri Surabaya:
- M. Ali Hamdi
- Rizki

3. Universitas Negeri Semarang:
- Ajeng Prawidya K.
- Besta
- Qhodir
- Nanim
- Rika

4. Universitas Padjadjaran:
- Rizzal Muttaqin
- Hendra Nuryamin

5. Universitas Hasanuddin:
- Heri Ilham
- Putri
- Muhammar Khadaki

6. Universitas Airlangga:
- Risda Citra Yogyanita
- Dina Rachmawati
- Fitriani Noer Vadja
- Puspita Yuni

7. Universitas Negeri Jakarta:
- Faliq Al-Habby
- Rangga



Untuk apa IMAJI dibentuk?

Fungsi Imaji:
Sebagai wadah organisasi untuk menampung, menyalurkan dan melaksanakan aspirasi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang se-Indonesia.

Tujuan Imaji:
Meningkatkan kualitas SDM yang ilmiah, edukatif,dan profesional serta ikut bertanggung jawab atas pembangunan nasional.

Nb: Kongres NAsional Lanjutan:
Tempat: UNPAD
Waktu: Kamis-sabtu, 23-25 Juni 2011

Apa saja kegiatan didalam Kongres Nasional yang berlangsung selama tiga hari itu?

Pada hari pertama kongres, Jum'at, 12 November 2010, kongres diadakan mulai pukul 15.00 - 23.00 WIB. Pada hari kedua, Sabtu, 13 November 2010, dimulai pukul 14.00 - 24.00 WIB. Kongres pada hari Sabtu ini merupakan kongres lanjutan dari kongres pada hari jum'at. Dua hari itu, kongres diadakan untuk menyusun AD/ART IMAJI.

Namun, pada hari Sabtu (13 November 2010) itu, sebelum menghadiri kembali kongres pada pukul 14.00, para delegasi menghadiri Seminar yang diadakan oleh UNESA terlebih dahulu yang bertema "Peningkatan Kualitas Guru melalui Pendidikan Profesi" yang berlangsung pukul 8.00 - 12.00 WIB di Gedung Sawungguling.

Lalu kegiatan pada hari Minggu, 14 November 2010, adalah penutupan Kongres Nasional, menghadiri Bunkasai UNESA (Japan Pop Culture) dan Jalan-jalan keliling Surabaya.
Penutupan kongres diisi dengan sambutan dari Kahima jurusan S1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA dan Ketua Jurusan. Lalu dilanjutkan menghadiri Bunkasai UNESA, "Japan Pop Culture". Dalam Bunkasai UNESA, sejak pukul 9.00 - 12.00, 7 universitas yang menjadi pelopor berdirinya IMAJI tersebut, kecuali UNJ, masing-masing membuka stan untuk mempromosikan Jurusan Bahasa / Sastra Jepang mereka. Karena delegasi dari UNJ telah kembali pulang pada Sabtu sore sekitar pk. 16.00. Mereka di Surabaya sampai seminar UNESA selesai.

Sedangkan rute perjalanan dan kegiatan keliling Surabaya, adalah:
Kampus UNESA Lidah -> Tugu Pahlawan -> Pasar Blauran ( Makan makanan khas Surabaya, yaitu lontong balap) -> Balai Pemuda ( Kebetulan ada pameran seni, melihat-lihat lukisan dan patung-patung) -> Stasiun Gubeng, pk. 15.30 (Mengantar teman-teman dari UNPAD) -> Terminal Bungurasih pk 4.30 ( Mengantar teman-teman dari UNNES)-> Bandara Juanda (Mengantar teman-teman dari UI) -> Kembali ke Kampus Unesa Lidah pk 19.00 (melanjutkan menonton bunkasai UNESA).


Kongres Nasional yang bertempat di Surabaya ini, merupakan kongres pertama. Kongres kedua akan dilaksanakan di Bandung tepat nya di Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada tanggal 23 Juni 2011 - 25 Juni 2011.

Lalu, pada tanggal 3 Desember 2010, diadakan sebuah Chat Nasional yang melibatkan universitas-universitas pelopor berdirinya IMAJI. Tujuan dari chatting tersebut adalah koordinasi wakil regional untuk menyebarluaskan keberadaan IMAJI kepada universitas-universitas yang memiliki jurusan bahasa / sastra jepang dan mengajak untuk bergabung.

Akhirnya, inilah hasil keputusan dari chatting tersebut:

1. Pembuatan Press Realese dalam rangka publikasi mengenai IMAJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan SastraJepang se-Indonesia) ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk redaksi Press Realese menjadi Tanggung jawab Bersama dan akan dibuat artikel bersama. setiap Press Realese akan di laporkan di Account IMAJI dan Grup IMAJI.
2. Pengaktifan peran Koordinator Regional untuk Memfollow up hasil kongresIMAJI ke Universitas Lain. Koordinator pusat dan regional bersama-sama membuat list Universitas/lembaga keJepangan di regionalnya.
3. Penambahan Depkominfo untuk Publikasi IMAJI. Tugasnya antara lain :
a. Pembuatan proposal pengesahan untukselanjutnya ditandatangani oleh Kajur/Rektor Universitas pesertaKongres Pertama untuk Pengakuan keberadaan IMAJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan SastraJepang se-Indonesia) di Indonesia.
b. Teknis pembuatannya Proposal dibuat oleh Tim yang terdiri dari UniversitasHasanudin Makasar, Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran, yang selanjutnya akan dikirim ke koordinator pusat (Unpad).untuk penandatanganan Rizzal Muttaqin san (Unpad) dengan sukarela akan berkeliling jawa untuk penandatanganan ke universitas terkait. Adapun tenggang waktu proposal tsb 2-3 bulan.
Kepengurusan FB Account&Grup IMAJI dibagi 2 yaitu Rizzal Muttaqin (Unpad) dan Risda Yogyanita (UNAIR)

You Might Also Like

0 komentar